Fungsi NDP HMI

Fungsi NDP HMI - Hallo sahabat Free PDF and E-BOOK Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fungsi NDP HMI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Arsip, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fungsi NDP HMI
link : Fungsi NDP HMI

Baca juga


Fungsi NDP HMI

YakusaBlog- NDP HMI memiliki posisi dan fungsi strategis dalam HMI sebagai organisasi kader. Perumusan NDP paling tidak menunjukkan sebuah keberanian sekelompok kaum muda Indonesia, yang tergabung dalam HMI untuk melakukan persepsi-persepsi dasarnya tentang Islam.
Dari ungkapan di atas, dapatlah diketahui fungsi NDP, yaitu sebagai pedoman dan pegangan bagi setiap anggota, aktivis, kader dan pengurus HMI dan juga sebagai panduan bagi kader HMI agar bisa memahami Islam dengan baik, serta dapat menerjemahkannya untuk melaksanakan ajaran agama Islam dalam dimensi ruang dan waktu dalam bingkai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan sebagai bentuk pemecahan masalah terhadap berbagai problema yang dihadapi, datang silih berganti tanpa berhenti, sehingga menjadi wujud nyata secara empiris di tengah-tengah masyarakat sebagai usaha untuk melakukan perubahan dalam masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan kontemporer. NDP HMI juga berfungsi guna menerjemahkan dan kontekstualisasi nilai-nilai abstrak dalam bentuk yang lebih konkret, karena sangat terkait dengan dimensi ruang dan waktu.
Baca juga: Naskah NDP HMI
Seperti diungkapkan dalam Kata Pengantar PB HMI dalam Naskah NDP HMI, bahwa ada dua syarat utama bagi suksesnya perjuangan, yaitu:
Petama, Keteguhan iman atau keyakinan kepada dasar, yaitu idealisme kuat, yang berarti harus memahami dasar perjuangan itu.
Kedua, Ketepatan penelaahan kepada medan perjuangan guna dapat menetapkan program perjuangan atau kerja, yaitu ilmu yang luas.
Untuk melaksanakan yang pertama, maka NDP pun berfungsi sebagai pedoman untuk meneguhkan iman dan keyakinan kepada dasar perjuangan, yaitu Islam. dalam NDP terdapat 103 buah ayat Al-Qur’an dan 3 buah Hadits.
Sedangkan untuk melaksanakan syarat kedua, bahwa dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Nasional (PKN) HMI di tingkat Nasional, Program Kerja di tingkat Badko, Program Kerja di tingkat Cabang, Program Kerja di tingkat Korkom dan Program Kerja di tingkat Komisariat, maka NDP pun berfungsi sebagai pedoman dan penuntut pelaksanaannya sesuai dengan medan perjuangan sehingga berhasil melaksanakan Program Kerja yang telah digariskan sesuai level organisasi, dengan teori sosial yang terkandung dalam NDP.
Terlihat di sini bahwa fungsi NDP itu sangat luas dan dalam, yang dalam penerapannya dilakukan secara dinamis, karena masih memerlukan interpretasi dan analisis terhadap pedoman pokok yang termaktub dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits yang harus disesuaikan secara dinamis dengan ruang dan waktu.

Baca juga: Peranan NDP HMI Untuk Melakukan Perubahan
Melihat dari persoalan ini, penelaahan terhadap medan perjuangan, memerlukan ilmu yang luas, dan berkualitas yang harus dimiliki oleh setiap anggota, aktivis, kader, dan pengurus HMI. Untuk mendapatkan ilmu yang luas dan berkualitas itu, setiap insan HMI harus rajin membaca buku. Sebuah buku adalah setitik ilmu. Buku adalah sumber informasi dan sumber ilmu pengetahuan. Tanpa buku dan membacanya tidak mungkin ada masyarakat madani. Buku adalah jendela dunia, jangan bilang jendela itu buruk, sebelum Anda membukanya.[]
Baca juga: NDP HMI vs LML

Sumber tulisan: Agussalim Sitompul, PB HMI, Laporan Tim 9 Penyelesaian Dualisme NDP. Jakarta, 2009. Hal: 38-39.



Demikianlah Artikel Fungsi NDP HMI

Sekianlah artikel Fungsi NDP HMI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fungsi NDP HMI dengan alamat link https://readebookfreeonline.blogspot.com/2018/01/fungsi-ndp-hmi.html

0 Response to "Fungsi NDP HMI"

Post a Comment