Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?

Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI? - Hallo sahabat Free PDF and E-BOOK Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Catatan Kaki, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?
link : Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?

Baca juga


Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?


YakusaBlog- Sampai hari ini masih banyak sekali kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tidak mengetahui mengapa nama Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP) berganti nama menjadi Nilai Identitas Kader. Menurut saya, hal itu disebabkan oleh kurangnya kader-kader HMI melakukan diskusi-diskusi tentang NDP HMI. Jikalau pun itu ada, hanya sedikit saja yang melakukannya. Bahkan, ada yang terjebak dalam melakukan pembahasannya. Maksud saya dengan kata terjebak adalah, kader-kader kita menganggap bahwa NDP itu hanya berbicara tentang yang sifatnya teologis (ketuhanan) saja.
Saat ini, NDP hanya dijadikan arsip historis belaka. Entah mengapa, kader-kader HMI merasa “ketakutan” atau “ngeri” saat membahas NDP, sehingga kader-kader malas melakukan kajian-kajian NDP HMI. kader-kader kita pun lebih banyak menghabiskan waktu membahas kondisi politik yang tak beradab saat ini. Kader-kader membaca peta politik dengan bijak, tapi hanya cuapan-cuapan kosong belaka. Memprediksi tanpa data, bahkan mereka (kader HMI) banyak yang terjun menjadi Tim Sukses salah satu calon, sungguh ini telah merusak independensi HMI.
Baca juga: Fungsi NDP HMI
Fokus kepada judul di atas, mengapa NDP HMI itu berganti nama menjadi NIK HMI?
Untuk menjawab satu pertanyaan ini kita banyak jawaban simpang siur dan sebab mengapa nama NDP HMI berganti nama menjadi NIK HMI. Jika kita mengetahui apa yang terkandung di dalam NDP itu, dan betapa dahsyatnya NDP itu, kita pun dapat mengetahuinya betapa takutnya orang-orang atau penguasa-penguasa dzalim dari dahulu hingga  kini kepada kader-kader HMI. Akan tetapi, kader-kader HMI saat ini tidak menyadari dan tidak mengetahui itu. Sehingga kader-kader kita pun merasa kecil di depan para penguasa-penguasa dzalim dari tingkat pusat hingga tinggkat daerah.
Selanjutnya, untuk menjawab pertanyaan di atas, kita terlebih dahulu mengetahui sejarah pergolakan pergantian azas HMI, dari azas Islam dipaksa rezim Orde Baru supaya berazaskan Pancasila, yang kita kenal dengan sebutan Azas Tunggal. Yang mana Pemerintah Orde Baru menerbitkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1985 Tentang Pancasila sebagai azas setiap organisasi masyarakat yang ada di Indonesia. Maka pada Kongres HMI yang ke-16 di Padang tahun 1986, azas HMI pun berganti menjadi azas Pancasila. Sebab pergantian azas ini pulalah yang mengakibatkan HMI terbagi dua, ada HMI DIPO dan HMI MPO.
Lantas mengapa nama NDP-nya pun diganti menjadi NIK? Apa sebenarnya sebab pergantian nama itu?
Menurut hasil perbincangan saya dengan Bang Azhari Akmal Tarigan, pembicara NDP HMI tingkat Nasional, yang masih sempat bertemu dengan Penyusun NDP, Cak Nur. Bang Akmal memberitahukan kepada saya, bahwa NDP ini sangat ditakuti oleh Penguasa Negara Indonesia di zaman Orde Baru. Kata “Dasar Perjuangan” ditakuti karena bernilai sangat revolusioner. Pada masa itu, kata revolusioner sangat ditakuti oleh Soeharto, akibat keotoriterannya.
Saya sempat berdebat dengan Bang Akmal, mengapa itu ditakuti, bukankah itu hanya sekedar nama saja? Ternyata nama itu memberikan semangat juang bagi kader-kader HMI pada masa itu. Jika kader-kader HMI menjalankan apa yang ada di dalam NDP itu secara betul-betul, maka kader-kader HMI akan mampu menumbangkan kedzaliman pemerintah. Kader-kader HMI dapat meruntuhkan sistem kapitalis (kaum pemodal) yang mendzaliman kaum-kaum miskin (Musthada’fin).
Nah, ini lah yang sekarang yang tidak disadari oleh HMI. NDP HMI hanya tinggal teks belaka saja. NDP tidak dianggap lagi kedahsyatan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Walau nama NIK diganti lagi menjadi NDP, akan tetapi ruh dan semangatnyanya tidak lagi dijalankan dan diminati oleh kader-kader HMI saat ini.
NDP HMI itu juga sangat luar biasa, karena NDP itu disusun oleh Cak Nur dari firman-firman Allah Swt. dan Hadits Rasulullah Saw. dengan tema-tema (bab-bab) yang berbeda. Disusun secara universal dan revolusioner. Maka untuk itulah kader-kader HMI wajib menjadikan ini landasan perjuangan kader-kader HMI masa kini untuk menentang kedzaliman pemerintahan, baik di pusat hingga daerah. Menentang dan melawan kedzaliman sistem pemerintahan yang mendzalimin kaum miskin dan juga melawan sistem kampus yang mendzalimi mahasiswa.[]

Penulis: Ibnu Arsib
Instruktur HMI Cabang Medan




Demikianlah Artikel Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?

Sekianlah artikel Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI? dengan alamat link https://readebookfreeonline.blogspot.com/2018/01/mengapa-ndp-hmi-berganti-nama-menjadi.html

0 Response to "Mengapa NDP HMI Berganti Nama Menjadi NIK HMI?"

Post a Comment