Sejarah Asal Usul Tulisan

Sejarah Asal Usul Tulisan - Hallo sahabat Free PDF and E-BOOK Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah Asal Usul Tulisan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Asal Usul Tulisan
link : Sejarah Asal Usul Tulisan

Baca juga


Sejarah Asal Usul Tulisan

YakusaBlog- Tulisan adalah suatu cara berhubungan dengan manusia lain dengan alat-alat simbol yang dapat dilihat. Tulisan menggantikan kata-kata lisan. Semua tulisan berkembang dari lukisan-lukisan simbolis. Demikianlah kalau orang melukiskan gambar hewan seperti kuda misalnya, semua orang yang melihat gambar hewan tersebut mengerti bahwa yang dimaksud dengan gambar itu adalah kuda. Demikian juga kalau ada lukisan seorang laki-laki atau lukisan seorang perempuan.
Lambat laun simbol ini makin disederhankan, sehingga untuk melukiskannya orang tidak perlu bersusah payah lagi untuk melukiskan. Demikianlah tulisan yang mula-mula melukiskan kata demi kata. Tulisan kata berkembang ke tulisan suku kata. Dari tulisan suku kata berkembang pada tulisan alfabet, yaitu tulisan yang melukiskan satu kesatuan bunyi. Lukisan simbolis seperti itulah yang merupakan asal usul tulisan Tionghoa, dan lukisan-lukisan semacam itu pulalah yang menjadi asal usul tulisan Hiroghliph Mesir.
Bagaimanakah di Indonesia? Apakah di Indonesia pernah timbul tulisan yang original? Menurut OK. Rahmat (1961:152), penyelidikan perkembangan yang demikian itu tidak ditemukan. Memang benar dibeberapa daerah di Indonesia, kita menemukan huruf-huruf asli, misalnya tulisan-tulisan Batak, Jawa dan Bugis, tetapi ternyata bahwa tulisan mereka ini keturunan dari tulisan yang berasal dari India terutama Pallawa, yang telah mengubah dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan tempat.
Mengenai bahasa Melayu (yang menjadi bahasa Indonesia), dulunya dibawah pengaruh kebudayaan Hindu, maka tulisan yang digunakan pun tulisan Hindu. Setelah pengaruh Islam berkembang bahasa itu mempergunakan tulisan Arab, yang oleh perubahan di sana-sini dan penembahan huruf-huruf baru disesuaikan dengan artukulasi Melayu. Abjad Arab yang demikian itu dinamai huruf Jawi atau huruf Melayu. Dengan datangnya pengaruh Barat, maka bahasa Melayu (Indonesia) juga ditulis dengan huruf Latin atau huruf Rumi (Malaya). Baik huruf Latin maupun huruf Arab adalah keturunan dari cabang-cabang yang menyimpang daru tulisan-tulisan Mesir Kuno.[]
Baca juga: Asal Usul Bahasa
Sumber gbr: https://nl.dreamstime.com/



Demikianlah Artikel Sejarah Asal Usul Tulisan

Sekianlah artikel Sejarah Asal Usul Tulisan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Asal Usul Tulisan dengan alamat link https://readebookfreeonline.blogspot.com/2017/12/sejarah-asal-usul-tulisan.html

0 Response to "Sejarah Asal Usul Tulisan"

Post a Comment