Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?

Anak HMI Ataukah Aktivis HMI? - Hallo sahabat Free PDF and E-BOOK Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Opini, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?
link : Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?

Baca juga


Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?

YakusaBlog- Usailah kiranya kita tereuforia dengan kebesaran sejarah HMI. Rasanya membangga-banggakan HMI (menepuk dada sendiri) secara berlebihan membuat kedangkalan rasio kita dalam hal menciptakan sesuatu yang baru. Rasanya HMI tidak inovatif lagi, sumbangan ide pemikiran HMI saat ini tidak lagi dapat menembus langit. Sejarah bukan semata-mata hanya untuk kita ceritakan dengan menyeruput secangkir kopi dan dengan hisapan-hisapan tembakau. Seharusnya prestasi sejarah HMI dahulu menjadi bahan evaluasi diri untuk konsolidasi (penguatan) supaya kita sebagai manusia umumnya dan kader HMI khususnya untuk lebih bijaksana lagi pada masa sekarang dan di masa yang akan datang.
Jutaan jumlah alumni, Kader HMI dan sejarah HMI itu sendiri terkadang menjadi objek pembicaraan yang telah membesarkan nama HMI. Ide-ide pemikiran kader HMI sekarang terkadang tidak relevan dan membuat kontroversial. Gerakan-gerakan HMI saat ini tidak jelas orientasinya, dan itu menjadi bangga-banggaan kadernya sendiri dalam bahasa lainnya terlalu sering menepuk dada sendiri. Ada yang menamakan ini dengan sebutan “dinamika”.
Menurut penulis, pendapat yang demikian kurang tepat mengatakan itu dinamika. Seharusnya dinamika itu mempunyai konsep dan misi. Konsep dan misinya bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan. Dinamika HMI seharusnya sesuai dengan azas, tujuan, usaha dan pedoman-pedoman lainnya, hal itu kita sebut sebagai arah perjuangan kader HMI.
HMI dahulu begitu selektif dalam mengajak (rekrutmen) dan membina kader-kadernya. Orientasinya bukanlah pada kuantitas semata, akan tetapi pada pemenuhan kualitas insan cita. Maka dari itu landasan keimanannya dan keilmuannya dapat duduk pada diri seorang kader atau anggota HMI (belum kader) hingga menjadi alumni yang dapat direalisasikan dalam aplikasi kita sebutkan sebagai amal shaleh.
Sungguh sangat disayangkan dengan keadaan HMI saat ini. Mengatasnamakan organisasi mahasiswa Islam terbesar dan tertua tapi tidak mencerminkan sebagai contoh yang baik. Situasi lokal (HMI Cabang, Korkom, dan Komisariat) sampai nasional (PB HMI) tidak jauh beda. Orientasinya hari ini cenderung kepada pemenuhan kuantitas anggota, ketika orientasinya ke arah sana secara otomatis ini menjadi orientasi politik, bukan lagi orientasi ilmu pengetahuan. Dari pencapaian itu kita terasa dibingungkan mana “Anak HMI” dan “Aktivis HMI” menuju kader HMI yang utuh (kaffah).
Anak HMI
Penamaan ini (Anak HMI) tidak jarang lagi kita dengar dalam kesehari-harian kita sebagai kader dan anggota HMI, terkhususnya di lingkungan kampus. Penamaan atau penyebutan “Anak HMI” adalah penyebutan nama yang ditujukan kepada orang yang sudah masuk HMI. Perlu kita ingat penyebutan ini tidaklah penyebutan formal. Bahasa ini sering digunakan oleh mereka yang kurang mengerti tentang ke-HMI-an dan non-HMI.
Di dalam Anggaran Dasar HMI pasal 10 tentang keanggotaan disebutkan bahwa keanggotaan HMI dibagi dalam tiga keanggotaan, yaitu Anggota Muda (setelah Maperca), Anggota Biasa (sudah Basic) dan Anggota Kehormatan (diangkat karena berjasa kepada HMI dengan ketentuan tersendiri). Dalam hal ini tidak ada kita dengar penyebutan “Anak HMI”.
Selain kita berbicara tentang keanggotaan di tubuh HMI, kita sering juga mendengar istilah kader (cadre). Apakah dan bagaimanakah sebetulnya kader itu? Akankah layak “Anak HMI” dimasukkan ke dalam kategori kader? Sebelum kita membahas kearah yang lebih jauh terlebih dahula kita bahas peristilahan atau penyebutan “Anak HMI”.
Anak HMI yang kita maksudkan dalam diskusi kali ini adalah seorang mahasiswa Islam yang masuk HMI (secara formalnya sudah Maperca). Seseorang tersebut masuk HMI tidak jelas apa orientasinya (tujuan). Seseorang tersebut bergabung bersama HMI karena beberapa faktor seperti, karena ingin terkenal (orientasinya eksistensi) seperti kader-kader HMI lainnya, seseorang tersebut diajak oleh pacarnya, ikut-ikutan saja, gaya-gayaan masuk organisasi, disuruh oleh seniornya di kampus, ingin ikut menjadi panitia kegiatan di kampus karena kader-kader HMI banyak menduduki posisi strategis organisasi kemahasiswaan intra kampus, dan seseorang masuk karena faktor-faktor lainnya yang sifatnya ingin menguntungkan pribadi secara pragmatis.
Anak HMI yang dimaksud di sini terus mengikuti pelatihan dari Masa Perkenalan Calon Anggota (Maperca) sampai traniningselanjutnya. Anak HMI juga ada yang hanya sampai pada status Anggota Biasa. Maksud kita lebih lanjut, Anak HMI hanya aktif apabila ada kegiatan yang menguntungkan diri pribadinya. Landasan perjuangannya tidak jelas, yang paling lucunya adalah ketika berbicara tentang HMI kepada dibawah-bawahnya (juniornya) seolah-olah dialah yang paling paham tentang HMI, padahal yang keluar dari pembicaraannya dusta. Seharusnya landasannya harus jelas yaitu landasan atau azas HMI (Islam) dan orientasinya untuk kepentingan umat.
Mereka terus mengaku sebagai “Anak HMI” sampai dia selesai bermahasiswa atau sudah bekerja. Hal ini mereka lakukan demi mengamankan eksistensinya, ditambah yang lebih mengherankan lagi mereka (baca: Anak HMI) yang masuk (mengaku) setelah dia wisuda, ya...mungkin mereka ingin akrab dengan kader HMI yang menjadi atasannya atau petnernya di dalam pekerjaan. Ini kita sebut “AHG (Anak HMI Gede)”- mengaku-ngaku anak HMI. Selain dari pada itu, karakter “Anak HMI” sering memburukkan sesama mereka, tidak akur, saling jatuh menjatuhkan, terus berkata perjuangannya demi membangun HMI, mamajukan HMI, akan tetapi pekerjaannya jauh dari harapan itu.
Aktivis HMI
Mohon kesabarannya, sebelum kita mendiskusikan sejatinya kader HMI (Kader HMI yang kaffah), terlebih dahulu kita diskusikan apa dan bagaimana “Aktivis HMI” itu ?
Kata aktivis ini menjadi sebutan atau panggilan kebanggaan mahasiswa atau juga seseorang yang melakukan suatu gerekan. Kata ini sekaligus sangat disegani dan dihormati. Tahukah kita sebelumnya, kata aktivis ini  dahulu sangat dibenci di Prancis. Dalam bukunya Jhon Burry “Kebebasan Berpikir” mengatakan “ dulu aktivis mulanya dibenci dan dilarang, karena dianggap orang-orang yang bergerak untuk menghancurkan negara/pemerintah atau raja (status quo) di Prancis”. Saat ini aktivis mejadi kata terhormat (dahulu sebutan itu negatif) yang dijuluki kepada seseorang.
Secara harfiah kata aktivis dalam kamus ilmiah populer yang disusun oleh Burhani MS dan Hasbi Lawres mengatakan aktivis adalah orang yang aktif menjadi anggota suatu organisasi (garis bawahi aktif menjadi anggota organisasi bukan hanya aktif pada kegiatannya saja) dan penggerak suatu kegiatan organisasi menuju tujuan murni organisasi. Dari pengertian ini aktivis adalah seseorang yang anggota organisasi yang kegiatan-kegiatannya atau aktivitas-aktivitasnya dilandaskan suatu orientasi ideologi organisasinya.
Seorang aktivis, di dalam dirinya sudah tertanam nilai-nilai perjuangannya, hal itu untuk landasan berpijaknya di manapun dan kapanpun. Aktivis itu mempunyai kekuatan dan penuh semangat optimis terhadap suatu pekerjaan atau kegiatan yang menjadi amanah organisasi atau lembaganya. Aktivis-aktivis ini menjadi penggerak untuk kepentingan umat dan dilandasi ideologi yang diyakini secara sadar, dan ini disebut Ali Syari’ati sebagai Rausyanfikr.
Seorang aktivis sudah mempunyai ideologi yang menjadi alat perjuangannya. Suatu ideologi yang benar dan dapat mengarahkan kehidupannya pada kehidupan yang baik. Seorang aktivis harus mempunyai paham, ide, atau keyakinan karena dengan itu maka akan menentukan bentuk-bentuk watak sosialnya, watak itu akan memberi warna kepada tindakan-tindakan dan tingkah laku hidupnya, yang selanjtunya akan memberikan arah kepada jalan nasib. (Nurcholish Madjid, 2008: 273).
Begitu jualah dengan “Aktivis HMI”, seorang anggota HMI yang mempunyai landasan berpikir, berpola sikap dan mempunyai paham atau keyakinan yang benar. Aktivis HMI Ini tidak pandang apakah dia Anggota Muda atau Anggota Biasa HMI. Aktivis HMI dalam perspektif kita ini adalah seseorang yang mencurahkan atau tepatnya mengabdikan dirinya di HMI untuk perbaikan dan pembelaan umat yang tertindas (Mustadha’afin) dari para kaum penindas (Mustakbirin) yang angkuh dan sombong.
Mereka mengabdikan dirinya karena HMI berasaskan Islam (pasal 3 AD HMI), dengan tujuannya yang mulia dan menjadi arah perjuangan (pasal 4 AD HMI), usahanya yang relevan hingga saat ini (pasal 5 AD HMI), sifatnya yang tidak memihak kepada siapapun kecuali kepada kebenaran (pasal 6 AD HMI), HMI mengabdi dengan kegigihannya kepada umat.
Dalam kesehari-hariannya, segala langkah-langkahnya dicurahkan kepada perjuangan HMI, karena HMI berperan menjadi organisasi perjuangan (pasal 9 AD HMI). 24 jam waktu sehari semalam penuh dengan HMI baik secara pembicaraannya (berdiskusi atau memperkuat teori) maupun secara prakteknya (misalnya, kuliah sebagai aplikasi insan akademis dan yang lainnya). Dengan HMI, dia meningkatkan kecintaannya kepada Pencipta alam semesta, Allah SWT. dan juga cinta kepada umat yang akan dibela (kaum mustadha’afin) bukan membela kaum elit yang berkuasa yang menindas (kaum mustakbirin) walaupun dia dari kalangan HMI dulunya. Dengan sering kita dengar HMI adalah anak kandung umat bukan anak kandung pejabat.
Dari “Aktivis HMI” inilah yang akan membawa nama baik organisasi Himpunan. Dengan hati dan pikirannya yang bersih, orientasinya yang jauh kedepan (visioner) untuk pembelaan kaum tertindas, dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh aktivis HMI, maka HMI menjadi organisasi yang terorganisir dan organisasi yang dinamis bukan organisasi yang statis dan primordial. Maka dari itu juga, setiap tahunnya harus ada evaluasi dan pergantian regenarasi (kepengurusan disetiap tingkatan, baik per satu tahun dan per dua tahun masa jabatan) untuk menyegarkan kembali kebekuan-kebekuan yang datang dari kepentingan atau doktrin-doktrin yang berasal dari dalam ataupun dari luar organisasi.
Tepatlah kiranya apa yang dikatakan oleh Franz Magnis Suseno bahwa organisasi HMI adalah tempat ditempahnya kader-kader bangsa. HMI adalah dapur-dapur intelektual Indonesia. Realita apa yang dikatakan oleh Franz tadi, hal itu dapat kita lihat kader-kader HMI yang sudah berproses di HMI dahulu (sekarang sudah menjadi alumni HMI) banyak menempati posisi strategis di segala bidang aspek masyarakat Indonesia. Akan tetapi bagi yang tidak setia dengan perjuangan HMI akan mengalama spilit personaliti atau kehilangan kendali sehingga tindakannya tidak mencerminkan kader HMI lagi. Mereka yang konsisten pada perjuangan HMI, dan di dadanya masih ada HMI. Tanpa panggilan HMI pun dia akan bergerak untuk umat.
Kader HMI Yang Kaffah
Sesuai dengan perjanjian kita sebelumnya, kita akan mendiskusikan tentang apa dan bagaimana itu kader HMI. Setelah kita membahas peristilahan sehari-hari tentang “Anak HMI” dan “Aktivis HMI” timbulah suatu pertanyaan dalam pembicaraan kita kesempatan ini, yaitu diantara peristilahan atau penyebutan untuk Anggota HMI di atas, yang manakah kita sebut sebagai Kadar HMI yang kaffah “Anak HMI” ataukah “Aktivis HMI” ataukah kedua-duanya dapat kita sebut kader?
Jikalau kita bahas defenisi kader (cadre), di dalam konstitusi HMI (pada pedoman perkaderan), di sana disebutkan bahwa kader adalah sekelompok orang yang terorganisir secara terus menerus dan akan menjadi tulang punggung bagi kelompok yang lebih besar. Sedangkan pengertian Kader HMI secara khusunya disebutkan adalah anggota HMI yang telah melalaui proses perkaderan sehingga menilik ciri kader memiliki integritas kepribadian yang utuh, beriman, berilmu dan beramal shaleh sehingga siap mengemban tugas dan agamanah kehidupan beragama, bermasyrakat, berbangsa dan bernegara. HMI yang menjadi organisasi kader diperkuat dalam AD HMI pasal 8.
Pengertian di atas tidak dapat digangu gugat lagi, kader organisasi manapun harus menjadi tulang punggung organisasinya, jikalau tidak maka robohlah bangunan organisasi tersebut. Hal ini dapat kita analogikan misalnya dengan seorang mahkluk hidup, katakanlah dia manusia (sebagai mahkluk dan khalifah di muka bumi). Apabila dia tidak mempunyai tulang punggung pastilah dia lemah dan tidak dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai manusia lagi.
Secara landasan filosofisnya, kader ini adalah kaum-kaum yang sudah terlatih dan sudah tercandradimukakan, sudah tertempah dan juga mempunyai landasan perjuangan, mempunyai landasan pemikiran atau landasan keyakinan yang tidak mudah goyah. Dia mempunyai mentalitas dan semangat atau motivasi yang kuat untuk melakukan sesuatu yang benar. Dengan singkat mempunyai landasan keimanan, keilmuan yang direalisasikan dengan amal shaleh.
Lahirnya kader HMI bukanlah dengan proses yang mudah, instan dan tanpa konsepsi yang matang. Lahirnya kader HMI yang meningkatkan kualitas dirinya membutuhkan proses yang terus menerus, baik di dalam training-training formal HMI (kita sebut sebagai perkaderan) dan informal, seperti up-grading, follow up atau pelatihan-pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan-pelatihan informal lainnya. Akan tetapi di dalam konstitusi anggota HMI yang sudah Basic Training (Latihan Kader I) lah yang dapat dikatan sebagai kader. Penulis sepakat dengan hal tersebut tapi tidak sepenuhnya (secara pikiran bebas), menurut penulis anggota HMI yang tidak keluar dari sanapun (hanya mengikuti Maperca) jikalau menyadari pentingnya perjuangan membela kaum tertindas dia adalah kader HMI.
Sebagai kader HMI, dia harus mampu bersikap objektif, dinamis, dan inovatif. Artinya perbedaan atau bahkan benturan pandangan yang terjadi harus dipahami sebagai dinamika perubahan dan harus ditanggapi dengan memberikan solusi-solusi untuk mengisi perubahan-perubahan dan layaklah kader HMI mengawalnya. Mari kita lihat kembali sejarah di masa pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru. Kader-kader HMI mengisi pembangunan bangsa dan negara Indonesia baik secara ide pemikiran maupun sumbangsih tenaga, pembinaan menuju sumber daya manusia yang berkualitas iman dan ilmu, hal ini sebagai bentuk pengabdian amal shaleh.
Sangat kita sayangkan saat ini, “Anak HMI” lebih mendominasi di tubuh HMI dari pada “Aktivis HMI”. Dari jumlah mayoritas ini sangat mempengaruhi kondisi kader dan himpunan, sehingga ciri khas HMI yang terus meningkatkan tradisi intelektual semakin terkikis. Tidak bisa kita pungkiri mari kita sadari bersama sebagai yang merasa “Anak HMI” atau “Aktivis HMI” di lingkungan HMI (dari Komisariat hingga sampai ke PB HMI) jarang dilakukan-diskusi rutin atau kegiatan-kegiatan tradisi intelektual lainnya yang dilakukan secara rutin.
Tradisi intelektual HMI untuk peningkatan kualitas kader mengalami proses pemiskinan menuju pemikiran satu arah, yaitu political oriented. Komunitas epistemik atau kelompok diskusi-diskusi di masjid atau di luar masjid yang melahirkan banyak intelektual-intelektual seperti Cak Nur, Ahmad Wahib, Deliar Noer, Dawam Rahardjo, dan yang lainnya, tradisi itu sudah mulai hilang karena digerus oleh komunitas-komunitas politik praktis di HMI.
Saat ini, jarang sekali ditemukan kelompok-kelompok diskusi yang dipelopori anggota-anggota HMI, adapun tidak sebanding dengan jumlah anggota yang keluar pertahun dari forum Basic Training atau training yang lebih tinggi, seperti yang kita sebutkan dalam tulisan-tulisan sebelumnya. Kondisi ini tentu menyedihkan ketika dihadapkan bersamaan dengan lemahnya terobosan pemikiran Islam yang kompatibel dan kontributif bagi nation-state Indonesia yang modern. (Abu Yazid Bustami, 2014: 108).
Dari “Aktivis HMI” yang sebagai kader HMI sejati, harus mempunyai pemikiran yang plural, cerdas dan strategis dengan mengakomodir semua keragaman pemikiran menjadi satu cita-cita dan misi. Pengalaman pahit HMI di masa lalu (pada tahun 1986) kiranya sudah cukuplah. Kita tidak ingin lebih lagi dari itu, dahulunya pisah menjadi dua, yang kita takutkan dengan menipisnya kualitas kader, HMI akan hilang. Adapun dia seperti mati suri. Seperti apa yang dikatakan Alm. Agussalim Sitompul-Sejarawan HMI yang banyak menulis buku-buku tentang HMI.
Solusinya adalah pengkaderan yang sebagai ujung tombak atau poros organisasi kita ini harus dimanajemen sebaik-baiknya sesuai dengan tuntuan-tuntutan kebutuhan masa sekarang dan yang akan datang. HMI harus lebih selektif dalam menerima calon-calon kader. Maksudnya adalah betul-betul memimilih mereka yang mempunyai kualitas diri yang baik, yang pencariannya sesuai dengan metode yang dibutuhkan. Calon kader jangan dipilih karena kedekatan pengurusnya atau kedekatan senior-senior di HMI dan bukan juga karena fakor iba dan juga faktor-faktor lainnya yang tidak objektif.
Jelas kiranya ini semua tugas dari Aktivis HMI yang masih ada di dalam kepengurusan sebagai refresentatif aktivis-aktivis HMI lainnya. Dan di luar kepengurusan tetap harus menjalankan peran, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai aktivis HMI. Tugas ini sungguh sangat berat dibandingkan tugas anak HMI. Seharusnya “Anak HMI” janganlah membuat malu HMI dengan sering mengatasnamakan HMI untuk kepentingan pribadi, cukuplah tugasmu menjaga nama baik HMI.
Dapat kita tarik kesimpulan atau pelajaran dari pembahasan kita di atas bahwa kita harus dapat membedakan “Anak HMI” dan “Aktivis HMI” dan siapakah yang menjadi Kader HMI yang kaffah? Penulis singgung kembali, dalam hal ini kader secara formal dan kader HMI sejati yang lahir dari proses pelatih formal dan informal.
Kader HMI formal lahir dari pelatihan-pelatihan formal HMI, dan anggota ini masih rentan menjadi “Anak HMI”, dia masih sesuai dengan musiman. Ya...dapat kita katakan “Anak HMI Musiman” dan menurut penulis ini menjadi penambah 44 indikator kemunduran HMI yang di cetusknan Alm. Agussalim Sitompul menjadi 45 Indikator Kemunduran HMI. Boleh juga kita katan mereka adalah kader musiman atau kader buah.
Kader HMI sejati (kaffah) sudah panjang lebar kita jelaskan di atas, tinggal kita bagaimana memahaminya. Kader ini lahir dari pelatihan formal dan informal, yang penting di dalam dirinya adalah HMI, dan mengabdikan dirinya, ide pemikirannya dan tenaganya untuk umat, kaum yang tertindas bukan kepada kaum-kaum elit yang hari ini banyak menanam saham kepentingan di tubuh HMI sendiri.
Kader HMI sejati ini dihasilkan dari proses dan pelatihan yang luar biasa. Pelatihan yang objektif dan selektif. Menanamkan pada dirinya nilai-nilai keimanan, keilmuan sebagai fitrahnya manusia yang direalisasikan dengan perbuatan yang kita namakan dengan perbuatan amal shaleh.

Ini menjadi tugas kita bersama yang masih tetap berdiri dibarisan perjuangan HMI dan dibarisan meningkatkan tradisi-tradisi intelektual dan juga menamkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan pada diriki yang menjadi kader umat dan kader bangsa, yang menjadi anak kandung umat bukan anak kandung pejabat.[]

Penulis: Ibnu Arsib
Instruktur HMI Cabang Medan
Ket.gbr: Net/Ilustrasi
Sumber gbr: http://hmiekonomiusu.blogspot.co.id/



Demikianlah Artikel Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?

Sekianlah artikel Anak HMI Ataukah Aktivis HMI? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anak HMI Ataukah Aktivis HMI? dengan alamat link https://readebookfreeonline.blogspot.com/2018/01/anak-hmi-ataukah-aktivis-hmi.html

0 Response to "Anak HMI Ataukah Aktivis HMI?"

Post a Comment